Pengenalan dasar internet marketing untuk pemula

Halo, apakah Anda sudah berada di halaman ini? Artinya anda sudah berada di website yang tepat untuk belajar internet marketing. Semua hal tentang internet marketing akan dikupas secara sederhana.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah metode pemasaran dengan menggunakan internet. Artinya, anda akan mempromosikan suatu produk kepada pemirsa di internet dengan menggunakan media website. Calon pembeli anda akan membaca dan melihat di internet semua materi promosi berisi informasi produk yang anda tawarkan atau jual. Selanjutnya, calon pembeli akan menghubungi Anda melalui kontak yang Anda sediakan, misalnya menelpon langsung, via WA atau SMS dan cara lainnya. Internet marketing sama halnya dengan pemasaran offline.

Bayangkan saja bahwa internet seperti pasar dan media web ibarat kios. Anda akan meletakkan semua barang dagangan anda di dalam kios, lalu setiap calon pembeli yang lalu lalang akan melihat barang dagangan anda yang anda letakkan di dalam kios. Tawar menawar juga mungkin akan terjadi, jika cocok maka barang akan dibayar dan anda dapat untung. Tapi tentu saja pasar tidak sekecil itu karena ada banyak jenis pasar, diantaranya pasar modern, pasar malam, pasar kaget, pasar dengan gedung bertingkat, pasar tradisional, dan sebagainya.

Nah, di internet, pasar akan dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan cara promosinya, juga akan dibagi menjadi beberapa jenis. Saya hanya akan membagi internet marketing menjadi 3 unsur yang harus dipahami yaitu Saluran, Media, Metode. Hal ini penting agar anda nantinya bisa fokus memilih bidang yang mana untuk disesuaikan dengan kemampuan, tenaga dan biaya yang anda miliki.

1. Media Internet Marketing

Sekarang, apa yang kira kira sudah anda miliki di internet? Apakah anda sudah punya blog meskipun gratisan atau sama sekali belum punya? Nah, jika anda hanya punya blog meski gratisan, itu bisa anda gunakan sebagai media untuk jualan online. Intinya, bahwa media internet marketing dalam hal ini adalah halaman website (sendiri atau numpang) bisa digunakan untuk meletakkan semua informasi promosi produk atau barang dagangan anda. Bagaimana kalau anda belum punya blog atau tidak mengerti cara membuat blog? Gampang, anda bisa numpang di halaman situs lainnya seperti di forum. Di forum, anda boleh membuat halaman untuk promosi jual beli. Nah, ini yang saya sebut ‘numpang’ karena anda tidak harus punya website sendiri.

Dua duanya sama efektif. Bedanya, mungkin kalau website sendiri alamatnya akan lebih mudah diingat. Contohnya kalau ada yang tanya, dimana tempat belajar internet marketing? bilang aja : uang halal dot com. Gampang kan? Tapi jangan khawatir, bahwa media gratisan pun bisa tetep menghasilkan kok. Nah udah paham ya tentang media internet marketing atau media untuk jualan online. Sekarang saya mau lanjut ke penjelasan tentang saluran dan metode.

2. Saluran Internet Marketing

Saluran internet marketing adalah saluran dimana halaman promosi produk kita akan dimunculkan. Pemahaman dasarnya adalah, kalau anda membuat halaman promosi di facebook maka pemirsa anda adalah orang orang di facebook saja. Kalau anda membuat halaman promosi di instagram maka pemirsa anda adalah orang orang di instagram saja. Kalau anda membuat halaman promosi di forum maka pemirsa anda datang dari google. Kalau anda membuat halaman promosi di blog maka pemirsa anda datang dari google.

Agar halaman promosi anda bisa bekerja efektif maka anda memerlukan bantuan pengetahuan metode promosi (lihat pembahasan berikutnya). Dengan menggabungkan beberapa metode promosi, maka halaman promosi anda juga bahkan bisa muncul di saluran lainnya, misalnya anda membuat halaman promosi di facebook tapi nanti bisa muncul juga di google. Contohnya begini, misalnya anda jual kredit panci murah di desa Tumaritis. Lalu anda membuat halaman promosi dengan judul Jual Kredit Panci Murah di Desa Tumaritis menggunakan facebook. Kalau anda buka google lalu mengetik kata kunci jual kredit panci murah di desa Tumaritis maka halaman facebook anda juga muncul di google. Ini juga bisa anda lakukan pada akun instagram, youtube, dan sebagainya.

3. Metode Internet Marketing

Metode internet marketing akan membantu agar halaman promosi anda (media) bisa muncul pada saluran yang tepat serta mendapatkan pemirsa secara optimal dan efektif. Kalau pemirsanya banyak, tentu peluang produk anda juga bisa lebih besar dong. Metode internet marketing secara mudah dibagi cuma dibagi 2 yaitu bukan iklan dan iklan. Jenis iklan tentu berbayar sedangkan bukan iklan bisa gratis.

3a. Metode Promosi dengan Iklan

Misalkan anda membuat halaman promosi di facebook, anda bisa beriklan agar mendapatkan halaman promosi anda ditampilkan kepada orang orang yang memiliki minat terhadap produk anda tersebut. Metode promosi ini biasa disebut dengan Facebook Ads. Kalau anda memang siap dengan dana promosi, anda bisa menggunakan Facebook Ads.

Metode penggunaan iklan, persis seperti sewa toko. Anda menentukan lokasi lalu cari toko yang sewanya murah atau mahal, lalu mulai jualan. Jika penjualan anda di lokasi tersebut bagus, anda bisa perpanjang sewa atau sewa beberapa toko lainnya di lokasi tersebut. Tapi jika penjualan produk anda anda di lokasi tersebut kurang bagus atau bahkan rugi, anda bisa cari lokasi lain. Jika anda menggunakan saluran google, juga ada iklan yang disebut dengan adword. Sistem penggunaan iklan adalah anda harus deposit uang dulu, misalnya 200 ribu rupiah. Lalu uang deposit anda akan dikurangi setiap kali iklan anda diklik pemirsa (calon pembeli). Cara menghitung keuntungan kotor adalah hasil penjualan dikurangi biaya iklan.

3b. Metode Promosi Bukan Iklan

Memasang iklan artinya anda harus mengeluarkan uang untuk menemukan ‘lokasi’ yang ramai penjualan. Bisa jadi lokasi yang anda pilih, salah, atau bisa jadi benar. Jika anda masih takut resiko, anda bisa berpromosi dengan promosi bukan iklan. Misalnya anda membuat halaman promosi di facebook, anda bisa mendapatkan audiens orang orang yang memiliki minat terhadap produk anda tersebut. Caranya ada banyak, salah satunya adalah anda ‘menarik’ orang orang yang sekiranya calon pembeli untuk menjadi teman anda. Cara lainnya adalah dengan masuk ke dalam grup grup yang memiliki minat khusus dan memiliki hubungan dengan produk yang anda jual. Misalnya anda menjual panci, maka anda bisa berpromosi ke dalam grup grup masak. Cara promosinya bisa berupa soft selling atau hard selling.

Jika anda ingin berpromosi bukan iklan di Google, anda bisa belajar tentang metode SEO. Dengan menggunakan metode promosi SEO, maka halaman promosi anda bisa muncul pada penelusuran suatu pencarian di google. Sudah saya jelaskan di atas, bahwa jika anda buka google lalu mengetik kata kunci “jual kredit panci murah di desa Tumaritis” (tanpa kutip) maka halaman promosi produk anda akan muncul di google. Ini juga bisa anda lakukan pada akun instagram, facebook, blog, youtube, dan sebagainya.

Untuk materi berikutnya anda bisa baca di halaman lain tentang SEO atau klik di sini.